Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot

Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot

Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot
Memilih suplemen terbaik yang Anda butuhkan di antara sekian banyak produk yang ditawarkan pasar pasti membingungkan. Belum lagi fakta bahwa BPOM belum sepenuhnya melakukan pengawasan terhadap suplemen yang beredar di pasaran. Sebelum berniat membeli produk suplemen tertentu, ada baiknya saya bekali dengan pengetahuan dasar mengenai istilah suplemen pembentuk otot Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot.

1. Whey protein powder Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot.
Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot isbobolicAsam amino turunan dari protein yang penting untuk membangun otot. Kita semua tahu pentingnya protein untuk pertumbuhan otot, jadi pastikan Anda makan 1 – 1,5 gram protein per kg berat badan setiap hari untuk pembangunan otot maksimal.
Jika protein dikonsumsi dari putih telur maka dibutuhkan :
1kg putih telur = -+ 110gr protein
Berat 86 kg X 1.5 gr protein = 129gr protein = 129/110 = 1.17 kg putih telur/hari dibutuhkan untuk dikonsumsi

Untuk meningkatkan massa otot ataupun menjaga massa otot kita harus tetap memperhatikan jumlah protein yang kita konsumsi. Cara yang termudah untuk menghitung jumlah protein yang kita butuhkan adalah dengan mengalikan jumlah BMI (Body Mass Index) dengan 1 – 1.5
BMI = berat badan (kg) / (tinggi badan2 (m) X tinggi badan2 (m)) = 86 / (1.75 X1.75) = 28
Dibutuhkan Protein sebanyak 28 X 1.5 = 42gr protein

Kategori BMI untuk Laki-laki :
Nilai BMI Kategori
< 17 Kurus
17 – 23 Normal
23 – 27 Kegemukan
> 27 Obesitas

Kategori BMI untuk Perempuan :
Nilai BMI Kategori
< 18 Kurus
18 – 25 Normal
25 – 27 Kegemukan
> 27 Obesitas

Rumus Brocha untuk menghitung :
Berat Badan Ideal untuk Pria
Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

Contoh Tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya:
75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Berat Badan Ideal untuk Wanita
Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

Contoh Tinggi badan 160 cm, berapakah berat idealnya:
60 – (15% x 60) = 60 – 9 = 51 Kg

  • Selain itu mengenai susu protein, umumnya dikenal dalam beberapa jenis :
    Concentrate – merupakan susu protein yang diserap dalam waktu yang cukup cepat. Cocok untuk digunakan pada waktu antara jam makan.
  • Isolate – merupakan susu protein yang diserap lebih cepat lagi dan umumnya baik digunakan segera setelah kita latihan fitness.
  • Casein – memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Biasanya diminum sebelum tidur karena waktu kerjanya yang lebih lambat sehingga dapat memenuhi kebutuhan asam amino selama kita tidur. Kita tahu saat tidur merupakan saat otot kita berkembang dan memulihkan.

2. Glutamine.
Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot GlutaminL-glutamine yang berlimpah didalam tubuh akan mencegah penyusutan otot dan membantu recovery. L-glutamine digunakan sebagai suplemen post- workout.
asam amino yang paling banyak ditemukan dalam tubuh, Glutamin (atau L-Glutamin) membentuk lebih dari 60 persen dari jaringan otot rangka. Ini adalah bahan bakar saluran pencernaan dan yang sangat dibutuhkan sistem kekebalan tubuh, dan 19 persen dari molekul Glutamin terdiri dari nitrogen, sehingga merupakan konduktor utama nitrogen untuk otot-otot. Glutamin terutama ditemukan terkonsentrasi tinggi di otak, otot, lapisan usus, paru-paru, jantung, ginjal, dan hati.

3. Branched Chain Amino Acids (BCAA) (77 mg/kg berat badan). Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot.
Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot BcaaBCAA baik digunakan sebagai suplemen pre-workout karena dapat meningkatkan stamina selama workout dan mengurangi kelelahan pada otot.
Kandungan BCAA terdiri dari Leucine, Isoleucine dan Valine, tiga unsur yang berperan dalam pembentukan otot baru.

Pemakaian BCAA dihitung sbb :
Berat badan 86 kg = 86 x 77mg = 6622 mg
1 mg = 0.001 gr.
6622 mg X 0.001 = 7 gr/hari

4. Glucosamine.
Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot GlucosamineDiduga senyawa ini untuk meningkatkam kesehatan persendian dan menimalisir kerusakan pada tulang rawan di lutut dan persendian lainnya.

5. Creatine.
Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot creatinTubuh secara alami memproduksi creatine untuk mengisi kembali ATP (adenosine triphospate) di otot. Suplemen creatine baik digunakan untuk proses bulking karena fungsi creatine untuk meningkatkan massa otot.
Creatine adalah kombinasi dari beberapa asam amino yang secara spesifik membentuk fungsi tersendiri. Komponen pembentuk Creatine adalah glycine, agrinine, dan methionine. Tidak ada komponen lain yang dibutuhkan untuk membentuk Creatine. Tubuh manusia secara alami memproduksi creatine baik di hati, pankreas, dan ginjal. Creatine yang diproduksi dialirkan oleh darah menuju otot. Begitu mencapai otot, creatine diubah menjadi creatine phospate, yang akan menyuplai energi pada tubuh.

1. Fase Loading
Fase loading diperlukan saat pertama kali mengkonsumsi creatine atau
setelah cycle time (berhenti mengkonsumsi sekitar 1 bulan)
Caranya: minum 4x sehari selama 5 hari pertama.

2. Fase Maintenance
Setelah 5 hari pertama, lanjutkan pemakaian creatine 1x sehari.
Setelah pemakaian selama 2 bulan, sebaiknya berhenti konsumsi creatine selama 1 bulan (cycle time) supaya tubuh kembali di adjust.
Efek samping tidak ada selama kebutuhan air tercukupi 2 liter sehari.
(loading itu dosisngnya 20gr dibagi menjadi 4 x minum dengan dosis 5 gr total 20 gr selama 5 hari
maintenance 2 x 5gr, dosisnya itu 10 gr dibagi menjadi 2x minum dengan dosis masing-masing 5 gr
setelah hari ke 30 stop pemakaian 1 – 2 minggu, kemudian ulangi lagi cara diatas)

Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot carnitine

6. Carnitine.
Belum ada penelitian untuk membuktikan fungsi canitine sebagai pengikis lemak tubuh. Namum sejatinya carnitine secara alami berfungsi mentransfer lemak ke mitchondria sebagai pembakar lemak untuk memproduksi energi.
carnitine dosis yg dianjurkan 1000 mg/hari, dosis dibagi 2 menjadi 500mg 1 jam sebelum makan siang dan 500mg 1 jam sebelum latihan.
L-carnitine itu mengubah lemak jadi energi, beta K menambah masa otot dan power, jdi tidak apa2 dikonsumsi, asal sesuai takaran dan tidak berlebihan

7. Nitric Oxide (NO).
Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot NitrixSejatinya merupakan gas yang dihasilkan tubuh untuk membantu peredaran darah sehingga memperlancar distribusi nutrisi ke otot selama berlatih intens. NO baik dikonsumsi sebagai suplemen pre-workout.

8.  (HMB).Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot HMA
Produk sampingan metabolisme leucine, berguna untuk meningkatkan pembangunan serat otot.

9. Kafein.
Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot CaffeineKafein terbukti dapat membantu mengikis lemak dalam tubuh dan juga mampu mengurangi kelelahan selama workout berlangsung. Batasan aman? 400 sampai dengan 600 mg.

10. Multivitamin.
Anda salah bila berpikir tidak memerlukan suplemen ini dalam porsi diet. Pada kenyataannya pengaturan diet yang baik pun belum tentu memenuhi kebutuhan nutrisi yang Anda butuhkan.

Contoh Menghitung jumlah kandungan protein dalam kemasan :
Serving size 28.4 grams, ini berarti jumlah bubuk nya 1x minum sebesar 28,4 grams
– Protein 23 grams, ini berarti dalam bubuk sebanyak 28.4 grams terkandung 23 grams bubuk protein.
Kita hitung persentasenya yaitu 23 / 28.4 grams yang hasil nya adalah 80.9%. Kisaran sekitar 80-90% untuk sebuah produk protein adalah sangat bagus. Usahakan cari produk-produk untuk membentuk tubuh dengan kandungan protein sekitar ini.

Catatan Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot.
Karbohidrat 1-2 gram tidak masalah tetapi diatas itu terlalu tinggi untuk yang ingin menurunkan berat badan. Beberapa produk juga sudah tidak mengandung sugar lagi tetapi mereka masih mengandung laktosa yang sangat tinggi.

Laktosa adalah gula dalam susu yang sering kali menyebabkan perut kita kembung, buang angin dan diare. Bahkan kandungan laktosa ini bisa mencapai kadar 30% dari berat bubuk apabila dihitung dengan cara yang sama tadi. Laktosa adalah sesuatu yang harus dihindari dari suatu produk susu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*