Rod Atau Joran Untuk Mancing – 1

Rod Atau Joran Untuk Mancing

1. Rod Atau Joran Untuk Mancing.
Fishing Tackle atau Peralatan mancing adalah hal mutlak yang wajib dimiliki oleh seorang pemancing, secara umum yang termasuk dalam fishing tackle adalah :
a. Rod atau Joran.
b. Reel atau Alat Penggulung Kenur.
c. Line atau Kenur atau Senar mancing…bukan senar gitar yah 😀
d. Leader atau Tali Pandu.
e. Hook atau Mata Kail.
f. Lure atau Umpan.
g. Tambahan yaitu : Tackle Box – Kotak Tempat pernak pernik mancing, Knot atau cara mengikat Kenur Mancing, swifel, solid ring, split ring, tang, gunting, dll.

Dalam hal ini mancingfishing akan membahasnya secara garis besar saja setiap bagian fishing tackle tersebut. ayooo kita mulai…starttttttt…berang berang…berangkatttttttttttt….. 😀
Fishing Rod Atau Joran Untuk Mancing adalah alat untuk memancing berbentuk seperti tongkat dan sebagai tempat dudukan Reel dan Line diposisikan. Pada umumnya Power Rating Rod Atau Joran Untuk Mancing biasanya disebutkan dalam satuan PE dan secara umum power rating joran PE1 = 10 Lbs dst. (1 lbs = 450 gr), misalnya joran dengan power rating PE4 artinya kekuatan Line maksimal yang dapat ditahan joran tersebut adalah PE4 atau 40lbs. Power rating dipakai untuk menentukan beban maksimal umpan dan kelas kenur (Breaking Strain pada kenur braided) yang dapat ditangani oleh joran tersebut.

1.1. Skema Joran.
a. Blank : Bagian utama joran yang berbentuk tongkat memanjang.
b. Reel seat : Tempat dudukan reel.
c. Butt : Bagian joran yang dipegang (Butt Grip), di bagian ini terdapat reel seat.
d. Line Guide : Bagian untuk mengontrol keluar masuknya kenur.
Ada 2 tipe utama line guide yaitu Ring Guide dan Roler Guide. Khusus untuk joran Fly Fishing ada 1 jenis lagi dinamakan Snake Guide karena bentuk ulirnya menyerupai Ular.
Ring guide pada rod yang memakai Line PE harus menggunakan bahan dasar metal alloy atau silicon carbide atau Fuji SIC untuk menahan gesekan kenur braided.
e. Ferrule : Bagian untuk menyambung joran, ferrule hanya ada pada joran 2 bagian / section atau lebih.

Power Rod : Biasanya digunakan untuk menentukan Power / daya angkat ditandai dengan kode : L (Light), M (Medium), H (Heavy).

Action Rod : Untuk menentukan sebanyak mana joran itu melengkung dan ditandai dengan kode : Rod Atau Joran Untuk Mancing 9
F : Fast, ujung saja yang melengkung.
M : Medium, separuh lebih melengkung kadang sampai pangkalnya joran.
S : Slow, melengkung sekali sampai ke akar akarnya.

Istilah tapper ini seperti kecepatan action di rod/joran dalam merespon gerakan kita saat kita menghentak joran pada waktu “hit” atau lure disambar ikan. Joran fast tapper ini cenderung keras di bagian pangkal sampai ke bagian tengah joran, lalu agak lentur di ujungnya, sedang slow tapper cenderung lentur mulai dari ujung joran sampai ke butt.

1.2. Material / Konstruksi  Rod Atau Joran Untuk Mancing.
a. Graphite.
Bahan yang rapuh dan mudah patah tetapi joran yang memakai bahan graphite memberikan sensitifitas yang tinggi dan tidak berat.

b. Fiberglass.
Bahan yang sangat kuat, durable dan mempunyai daya lentur yang besar namun kelemahannya adalah mempunyai BJ yang tinggi (berat) dan kurang sensitif dibanding graphite.

c. Komposit.
Bahan campuran dari graphite dan fiberglass. Bahan ini mengandung kekuatan dan kelebihan dari graphite dan fiberglass. Rod Atau Joran Untuk Mancing yang terbuat dari bahan komposit akan berdaya lentur besar, ringan, dan powerful. Joran-joran mahal umumnya dibuat dari bahan komposit ini, walaupun produsen joran kelas menengah juga mulai melirik penggunaan bahan ini.

1.3. Rod Design.
a. One Piece ( Joran tanpa sambungan)
b. Two Piece (Joran dengan sambungan di tengah atau pada butt join)
c. Multi Section (Joran dengan 3 sambungan atau lebih)
d. Telescopic (Joran model antena)

1.4. Rod Model.
a. Spinning Rod.
Spinning Rod adalah joran yang umum dipakai pemancing dan harus menggunakan Spinning Reel, Joran spinning bisa berbentuk seperti joran telescopic atau terdiri dari 1 section atau lebih.
Contoh Tenryu Jig Zam Deep Rider.

Rod Atau Joran Untuk Mancing 5
b. Baitcasting / Overhead Rod.
Baitcasting Rod atau Overhead Rod adalah joran posisi kebalikan dari joran Spinning dan harus menggunakan Baitcasting Reel atau Overhead Reel. Ciri khas joran jenis ini dilihat dengan adanya pegangan untuk jari telunjuk pada reel seatnya, pegangan ini disebut Trigger Grip atau Pistol Grip karena menyerupai trigger pada senapan, dan ring guide untuk joran jenis ini biasanya berdiameter jauh lebih kecil daripada ring guide pada spinning rod.
Contoh Tenryu Jig Zam Deep Rider.

Rod Atau Joran Untuk Mancing 3

c. Ice Fishing Rod.
Joran untuk memancing di danau, kolam, atau sungai yang beku dengan cara membuat lubang di es. Joran ini pendek, hanya sekitar 80-100cm saja dan menggunakan spinning reel.

d. Fly Fishing Rod.
Joran ini dirancang sedemikian rupa hingga dapat melempar umpan khusus berbentuk Flies yang relatif ringan dalam jarak yang jauh. Blank panjang dan kecil diameternya dengan kelenturan yang tinggi. Rod ini biasanya mempunyai 1 ring guide yang besar disebut Stripping Guide dan beberapa ring guide yang lebih kecil disebut Snake Guide, diletakkan di sepanjang blank joran untuk mengontrol jalannya fly line (kenur khusus untuk fly fishing) yang relatif tebal diameternya. Untuk menghindari gangguan dalam melempar (cast) biasanya rod ini tidak mempunyai bagian butt yang berada belakang reel seat, ataupun ada, biasanya pendek saja. Tapi ada tipe rod yang mempunyai butt di bagian belakang reel seat dan malahan ada juga yang dilengkapi gimbal butt, biasanya untuk saltwater fly fishing.  Contoh G Loomis Cross Current GLX.
Rod Atau Joran Untuk Mancing 2
e. Pole Rod.
Joran dengan design tanpa guide dan tempat dudukan rell, pada ujung joran ada seutas braided dengan panjang sekitar 5-7 cm, fungsinya sebagai tempat untuk melilitkan line. Bagi yang biasa strike dengan dengan bantuan Rell maka dengan Pole rod ada keasyikan tersendiri disaat strike, dimana kita menarik ikan naik keatas tanpa bantuan rell. Joran model ini biasanya dipakai untuk Negek (I.4 ).

Contoh Hearty Rise Net V.
Rod Atau Joran Untuk Mancing 4

f. Trolling Rod
Joran Trolling khusus dibuat untuk Teknik mancing Trolling ( I.5). Joran ini dibuat sangat kokoh karena targetnya adalah ikan ikan besar.

Contoh Penn IGVA V Series.

Rod Atau Joran Untuk Mancing 8

g. Surf Fishing Rod
Panjang minimal joran surf fishing adalah 5m karena digunakan untuk memancing dari tepi pantai ( I.6.1 )

Contoh Shimano Beastmaster STC AX. 

Rod Atau Joran Untuk Mancing 6

h. Telescopic Rod
Joran telescopic atau disebut juga joran antenna karena mirip seperti antenna system kerjanya dan joran ini mudah dibawa bawa tanpa memakan ruang yang besar.

                          Contoh Daiwa Megaforce Tele 90.

Rod Atau Joran Untuk Mancing 7

1.5.  Merek  Joran.
Beberapa merek Rod atau Joran untuk mancing dibawah ini sudah banyak diketahui oleh pemancing, silahkan di cek recek :
Berkley
Carpenter
Daiwa
G Loomis
Hearty Rise
Hots
Jigging Master
Mc Work
Patriot Design
Ripple Fisher
Seven Seas
Shimano
Smith
St. Croix
TenRyu
Zerek

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*